Pages

Selasa, 07 Desember 2010

KARYA ARSITEKUR KISHO KUROKAWA


Kisho Noriaki Kurokawa (Kisho Kurokawa) lahir di Nagoya, Jepang pada tahun 1934. Ia lulus dari Kyoto University, Department of Architecture pada tahun 1957, kemudian melanjutkan ke University of Tokyo. Di University of Tokyo Ia belajar di bawah pengawasan Kenzo Tange dan berhasil meraih gelar Master pada 1959. Pernah belajar filsafat, namun terhenti di tahun 1964.


Beberapa karya dari Kisho Kurokawa
  1. Nakagin Capsule Tower
Lokasi : Ginza, Tokyo, Jepang
Desain / Konstruksi : 1970-1972
Luas Bangunan : 429.51m ²
Jumlah Total Luas Lantai : 3,091.23 m²
Nakagin Capsule Tower merupakan karya Kurokawa yang paling terkenal dan banyak diapresiasi. Konsep Nakagin Capsule Tower sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Expo’70 Takara Beautilion, terdiri dari kumpulan unit-unit ruang prefabrikasi yang disusun menjadi satu kesatuan bangunan. Kurokawa menyebutnya sebagai kapsul ruang atau Capsule Space. Kapsul-kapsul ruang tersebut terdiri dari elemen-elemen yang biasa terdapat di rumah tinggal, hanya saja dengan jenis, ukuran dan sirkulasi yang relatif lebih minim. Kapsul-kapsul ruang ini diproduksi secara massal dengan melibatkan industri dan teknologi.



2. Expo’70 Takara Beautilion
Desain/Konstruksi : 1968 - 1970
Luas Tapak : 1,000m²
Luas Bangunan : 298m²
Jumlah Total Luas Lantai : 1,237.6m²
Rancangan Kisho Kurokawa yang dipamerkan dengan tajuk Expo’70 Takara Beautilion menjanjikan konsep penyediaan rumah tinggal pada masa yang akan datang. Unit rumah tinggal tinggal dibuat dan diperbanyak secara prefabrikasi (pada expo ini dibuat sebanyak 200 unit). Unit-unit tersebut dipasang dengan cara menggantungkannya pada stuktur rangka yang juga prefabrikasi.




3. Floating City Kasumigaura
Lokasi Rencana : Ibaraki, Japan
Desain : 1961
Konsep filosofi metabolisme yang dijadikan dasar rancangan Floating City pada hakikatnya diperuntukkan bagi pengadaan perumahan, namun bukan perumahan yang lazim pada umumnya, melainkan perumahan yang dibangun di permukaan danau. Bentuk Floating City secara gamblang mengadopsi bentukan jaringan dan DNA makhluk hidup, karena pada makhluk hidup metabolisme dimulai dari tingkatan yang terkecil, yaitu sel.



4. Project for a Helix City
Lokasi :Tokyo, Japan
Design :1961
Helix City merupakan struktur perkotaan yang dikembangkan secara vertikal. Bentukan kota ini mengadopsi dari bentuk DNA yang berpilin seperti spiral. Perkembangan vertikal ini dilakukan dengan penggabungan dua bentuk helix yang dihubungkan satu sama lain, sehingga akan membentuk suatu ruang yang saling bersinggungan. Dengan kata lain ruang tersebut dibuat oleh dua buah bidang persegi panjang yang mengalami distorsi (dipelintir) yang digabung menjadi satu.


5. Head Office of the Fukuoka Bank
Lokasi : Naka-ku, Fukuoka-City, Japan 
Desain / Konstruksi 19711975
Luas Bangunan 2,904.24m²
Jumlah Total Luas Lantai 30,812.36m²
Head Office of the Fukuoka Bank memiliki plaza besar di bawah overhang yang dibentuk oleh lantai sembilan bangunan ini, yang dapat digunakan sebagai ruang terbuka bagi masyarakat kota.
Di plaza ini, masyarakat dapat bersantai sambil menikmati pohon besar "Horuto" dan sekitar 200 pohon lainnya, serta karya-karya patung kontemporer Jepang. Struktur bangunan menggunakan baja dan beton, dan terdiri dari 12 lantai ditambah 4 basement.



Selain yang disebutkan di atas masih banyak karya arsitek Kisho Kurokawa yang berada di beberapa tempat lainnya, yaitu:
Headquarters of the Japanese Red Cross Society (Jepang)
UAE Conference City Design Competition, (Abu Dhabi, Uni Emirat Arab)
Nagoya City Art Museum (Jepang)
Artikel berdasarkan produk tugas Seminar
Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Disusun oleh:
FEBY OKTORA L2B007024
MOH. NUR DITA. N L2B007045
PAMBAYUN KENDI. P L2B007056
RAHMAT AGUNG. R L2B007063

Share

3 komentar:

  1. karyanya benar2 mengagumkan.. Salut buat mereka.
    Moga anda bisa seperi mereka,,,

    BalasHapus
  2. admin
    amin, tu merupakan bagian dari cita2 yg harus di wujudkan
    terima kasih udh berkunjung

    BalasHapus
  3. gambar Floating City Kasumigaura itu maket buatan kamu ya??
    manteb tuh..

    BalasHapus

 
Powered by Blogger